Minggu, 15 Oktober 2023

kandungan racun dalam udara

 Udara yang kita hirup setiap hari dapat mengandung berbagai polutan yang berbahaya bagi kesehatan. Beberapa kandungan polusi udara berbahaya yang paling umum dan tanpa disadari sering kita hirup adalah sebagai berikut 1:

  1. Materi partikulat (PM10 dan PM2.5): Materi partikulat atau polusi partikel merupakan partikel super kecil yang biasanya berbentuk tetesan cairan yang ada di udara. Secara kandungannya, bahan berbahaya ini bisa mengandung nitrat, sulfat, besi, partikel debu, dan alergen. Dilansir berbagai sumber, polusi partikel memiliki dua tipe berdasarkan ukurannya, yaitu PM10 dan PM2.5. Angka 10 dan 2.5 itu merupakan ukuran partikel tersebut. PM10 artinya partikel polusinya berukuran 10 mikrometer, sedangkan PM2.5 partikelnya berukuran 2,5 mikrometer.

  2. Ozon (O3): Ozon adalah gabungan komposisi tiga atom oksigen. Jangan samakan dengan oksigen yang biasa kita hirup (O2). Penambahan atom ketiga menyebabkan udara tidak stabil, menjadikannya bisa setara dengan gas beracun. Benar bahwa ozon ditemukan di lapisan langit dan berkat ozon pula, kita terlindungi dari paparan langsung ultraviolet. Akan tetapi, ketika ozon itu berada di permukaan darat dan terkumpul hingga menciptakan konsentrasi yang tinggi, beragam gangguan kesehatan bisa terjadi.

  3. Karbon Monoksida (CO): Karbon monoksida adalah gas tak berwarna dan tidak berbau yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Gas ini sangat beracun dan bisa menyebabkan keracunan pada manusia.

  4. Nitrogen Dioksida (NO2): Nitrogen dioksida adalah gas tak berwarna dan tidak berbau yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Gas ini sangat beracun dan bisa menyebabkan iritasi pada mata, hidung, tenggorokan, serta masalah pernapasan.

  5. Sulfur Dioksida (SO2): Sulfur dioksida adalah gas tak berwarna dan tidak berbau yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Gas ini sangat korosif dan bisa menyebabkan iritasi pada mata, hidung, tenggorokan serta masalah pernapasan.


Udara terdiri dari 3 unsur utama, yaitu udara keringuap air, dan aerosol. Kandungan udara kering adalah 78,09% nitrogen, 20,95% oksigen, 0,93% argon, 0,04% karbon dioksida, dan gas-gas lain yang terdiri dari neon, helium, metana, kripton, hidrogen, xenon, ozon, radon. Uap air yang ada pada udara berasal dari evaporasi (penguapan) pada laut, sungai, danau, dan tempat berair lainnya. Aerosol adalah benda berukuran kecil, seperti garam, karbon, sulfat, nitrat, kalium, kalsium, serta partikel dari gunung berapi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gunakanlah kata yang sopan