Senin, 16 Oktober 2023

Macam Macam Grase dari Bahan Pembuatnya

 Grease atau gemuk adalah pelumas semi padat yang terbuat dari tiga bahan utama, yaitu base oil, pengental/thickener, dan aditif ¹³. Berikut adalah beberapa bahan dasar yang umum digunakan dalam pembuatan grease:


1. **Base Oil**: Base oil adalah oli dasar yang merupakan salah satu komposisi yang digunakan untuk membuat grease atau gemuk. Base oil dapat berasal dari mineral atau sintetik ¹.

2. **Pengental/Thickener**: Thickener atau pengental ini merupakan material kombinasi dari beberapa gemuk yang menghasilkan struktur padat hingga setengah cair atau semisolid. Bahan utama thickener adalah metalic soap atau sabun logam seperti lithium, aluminium, clay, polyurea, natrium dan kalsium ³⁴.

3. **Aditif**: Aditif yaitu sebagai tambahan sehingga grease memiliki high viscosity atau tingkat kekentalan tinggi. Aditif yang paling umum adalah anti oksidasi dan penahan karat/inhibitor, tekanan yang ekstrim, anti aus, dan agen mengurangi gesekan ³.


Jenis grease dapat dibedakan berdasarkan bahan dasar pengentalnya seperti lithium complex, calcium complex, aluminium complex, clay base, polyurea base, dan lain-lain ⁴. 


Semoga membantu!


Source: Conversation with Bing, 16/10/2023

(1) KOMPOSISI DAN BAHAN DASAR GREASE SEBAGAI PELUMAS MESIN. http://www.samiinstansi.com/2019/11/komposisi-dan-bahan-dasar-greasesebagaipelumasmesin.html.

(2) 3 Komponen Grease atau Gemuk Beserta Fungsinya – ilmuteknik.id. https://ilmuteknik.id/3-komponen-grease-atau-gemuk-beserta-fungsinya/.

(3) Komponen Utama Grease - Deltalube. https://www.deltalube.com/komponen-utama-grease/.

(4) . https://bing.com/search?q=macam+macam+bahan+baku+grease.

(5) Jenis-Jenis Grease (Gemuk) dan Penggunaanya - Montir Pintar. https://www.montirpintar.com/2020/08/jenis-jenis-grease-atau-gemuk.html.

(6) undefined. https://www.caesarvery.com/2019/06/macam-macam-grease-lubrication-pelumas.html.

(7) undefined. https://bacabrosur.blogspot.com/2018/07/jenis-grease-dan-fungsinya.html.

(8) undefined. https://www.eonchemicals.com/artikel/jenis-grease-dan-fungsinya-penting-diketahui/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gunakanlah kata yang sopan